Selasa, 19 Desember 2017

DANLANAL TANJUNG BALAI ASAHAN LAKSANAKAN WATERS INSPECTION


Tanjungbalai, 19 Desember 2017. Mengawali tugas pertamanya sebagai Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari  langsung menunjukkan kemampuannya memacu Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB) atau Sea Rider  dengan kecepatan 35 knot,  dalam melaksanakan kegiatan patroli laut atau  Water Inspection.

Alumni AAL tahun 1999 ini  juga membuat kejutan dengan mengumpulkan secara mendadak kesiapan unsur unsur lautnya. “Saya langsung main tunjuk beberapa perwira, saya bawa ke Posal Bagan lalu saya ajak naik RHIB,” ujar Letkol Ponco.

Lebih lanjut,  Letkol Ponco menjelaskan, kalau secara dadakan seperti ini mereka siap, maka operator tentu akan lebih siap lagi menghadapi kegiatan yang terencana.

Danlanal Ponco dengan mahirnya mengendalikan laju RHIB saat melintasi Sungai Asahan. Sesekali Ponco mengurangi kecepatan dan menepi untuk mengamati beberapa hal, diantaranya memotret objek tanpa mau menjelaskan maksudnya.

Danlanal kemudian merapatkan RHIB di antara kerumunan perahu nelayan yang sedang menebar jaring, lalu mengajak  ngobrol mereka dengan suasana akrab.

Memang pengalaman operasi Perwira Menengah TNI AL berkualifikasi Komando Pasukan Katak ini tidak diragukan lagi.  Salah satunya prestasi yang pernah dilakukannya,  mengamankan perairan Bali saat berlangsunya KTT Apec 17, pada Oktober 2013. Letkol Ponco berhasil memimpin armada RHIB Kopaska sebagai unsur pengamanan dan tim escape VVIP lewat laut.

Selanjutnya , Letkol Ponco juga akan  melengkapi armada Boat Patkamla dengan beberapa peralatan pendukung operasi lainya. “Doakan saja saya dapat menjalankan tugas ini dengan baik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar