Rabu, 15 Januari 2020

UPACARA HARI DHARMA SAMUDRA DI LANAL TANJUNG BALAI ASAHAN


Tanjungbalai- Asahan, 15 Januari 2020 Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan melaksanakan upacara Hari Dharma Samudra Tahun 2020 Bertempat di Lapangan apel Mako Lanal Tanjung Balai Asahan Jl. Tanjung Berombang Desa Asahan  Mati Kecamatan Tanjung balai Kabupaten Asahan, bertindak selaku Irup Pjs Palaksa Lanal TBA Kapten Laut (T) Ediyanto. Danup  Letda Laut (PM) Fahlan Situmeang, paup Letda Laut (S) Arif furqon.

Amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,S.E.,M.M yang dibacakan irup diantaranya sbb :


Para Perwira, Bintara dan Tamtama, serta segenap Pegawai Negeri Sipil TNI angkatan laut yang saya cintai dan banggakan, pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan peristiwa heroik yang dalam sejarah angkatan laut kita ditunjukkan pelaut-pelaut kita dibawah kepemimpinan Komodor Yos Sudarso, sebagai prajurit laut, beliau menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban. Sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang ditunjukkan dalam peristiwa tersebut.


Di era revolusi industri seperti saat ini, dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan pengaruh era globalisasi, tantangan kita sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia akan menjadi semakin kompleks. prajurit TNI angkatan laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas. Dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit dan Trisila TNI angkatan laut. Pewarisan nilai-nilai kejuangan dalam peringatan ini juga mewakili sejumlah pertempuran laut lainnya, misalnya pertempuran laut Cirebon, pertempuran teluk Sibolga, pertempuran laut Malaka dan pertempuran laut lainnya.

e.Oleh karena itu, melalui peringatan hari Dharma Samudera ini, saya memberi penekanan sebagai berikut:

1.Tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha Esa.

2.Teladani nilai dan semangat kejuangan yaitu sikap ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah.

3. Pupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit matra laut.

4.Tingkatkan pengetahuan, latihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat akan teknologi.

f. Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil TNI angkatan laut, dimanapun berada dan bertugas demikian amanat saya dalam peringatan hari Dharma Samudera

Upacara diikuti seluruh personil Lanal Tanjung Balai Asahan dapat berjalan lancar dan aman.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar