Kamis, 20 April 2017

SUASANA MAKO LANAL TANJUNG BALAI, SATU GEDUNG TERBAKAR KENA TEMBAKAN PESAWAT MUSUH


Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan, yang berada di Jalan Tanjung Berombang desa Asahan mati, Senin pagi 17 April 2017 mendadak berubah menjadi sangat tegang, seiring dengan bunyi lonceng tanda bahaya. Beberapa detik kemudian, ratusan prajurit TNI AL terlihat berhamburan sambil membawa senjata dan bersiaga di sejumlah titik yang berada di sekitaran area Mako Lanal Tanjung Balai Asahan.

Sementara di pengeras suara pangkalan, terdengar seperti suara komando, agar para prajurit bersiaga menghadapi serangan udara musuh. Ratusan prajurit Lanal diperintahkan untuk mempertahankan pangkalan dari serangan musuh. Komandan pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah, S.E., yang berada di lokasi langsung memimpin pasukan dalam mempertahankan pangkalan.

Selain itu Danlanal juga terus memerintahkan Posal Satrad Bagan Asahan, untuk memantau pergerakan pesawat musuh.

Selang tak lama kemudian terlihat satu pesawat musuh terbang rendah menyerang pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan dari arah kanan depan mako, ratusan prajurit Lanal yang telah bersiaga langsung dikomando mempertahankan pangkalannya dan melakukan penyerangan terhadap pesawat musuh. Namun demikian, pesawat musuh berhasil melepaskan tembakan ke salah satu gedung mako yang berada di Mako hingga terbakar. Dengan sigap sejumlah prajurit memadamkan gedung yang terbakar serta menolong satu prajurit yang menderita luka bakar akibat berusaha memadamkan api.

Menurut Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah melalui Perwira Staf Operasi, Kapten Laut (P) Kresna Wisuda, simulasi pertahanan pangkalan dari serangan udara ini merupakan skenario latihan sebagai penilaian terhadap seluruh pangkalan TNI Angkatan Laut yang ada di Indonesia dalam menghadapi serangan musuh yang merupakan salah satu bagian penilaian ujik petik pangkalan P1/P2 yang diujikan secara rutin oleh Koarmabar guna meningkatkan kemampuan pasukan TNI AL dalam mempertahankan NKRI. 
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar